RSS

Chapitre 3: Nombre

11 Apr

Bahasa Prancis (begitu juga Jerman) kurang praktis dalam penomoran atau urusan angka. Ambil contoh 90, alih-alih diucapkan sembilan-kali-sepuluh, dalam bahasa Prancis, 90 diucapkan empat-kali-dua-puluh-ditambah-sepuluh atau quatre-vingt-dix (quatre = empat, vingt = dua puluh, dix = sepuluh). Nerjemahin angka dalam bahasa Inggris aja susah, gimana kalo Prancis?
Untuk selengkapnya, silakan lihat tabel ini

Bilangan Pokok dan Bertingkat

Angka Bilangan pokok Baca Bilangan bertingkat Baca
0 zéro zay-roh
1 un, une an’ première premye
2 deux do deuxième doksyem
3 trois trwa troisième trazyem
4 quatre kat, cut quatrième katriyem
5 cinq seng, sank cinquième sangkyem
6 six sis, seese
7 sept set
8 huit uit, wheat
9 neuf nuhf neuvième novyem
10 dix dis, deese
11 onze ongz
12 douze dooz
13 treize trez
14 quatorze katorz
15 quinze kengz
16 seize sez
17 dix-sept dis-set
18 dix-huit dis-suit
19 dix-neuf dis-nef
20 vingt vang vingtième vangtyem
21 vingt et un veng-te yang
22 vingt-deux veng-do
30 trente trongt
31 trente et un trong-te-yang
40 quarante karongt
50 cinquante sengkongt
60 soixante swasongt
70 soixante-dix swasongt-dis
80 quatre-vingts katre-vengt
90 quatre-vingt-dix katre-veng-dis
91 quatre-vingt-onze katr-veng-ongz
100 cent sengt centième sangtyem
200 deux cents dosongt
250 deux cent cinquante do-songt-sengkongt
1000 mille mil millième milyem
1000000 un million unmilyong

Bilangan Pecahan
1/2 = un demi atau la moitié
1/3 = un tiers
1/4 = un quart
1/5 = un cinquième
2/3 = deux tiers
2/5 = deux cinquièmes
3/4 = trois quarts
2/2 = deux demis
5 1/3 = cinq et un tiers
9 ¼ = neuf et un quart

untuk menyatakan koma dalam hitungan, gunakan virgule
77,7 = soixante-dix virgule sept
99,9 = quatre-vingt-dix virgule neuf
dst

Catatan:
-Untuk angka 21 sampai 81, bilangan yang satuannya 1 (21, 31, 41, …, 81), setelah puluhan ditambah “et” kemudian satuan.
21 = Vingt et un (Veng-te-yang)
31 = Trente et un (trong-te-yang)
51 = Cinquante et un (sengkongt-te-yang)
81 = Quatre-vingt et un (katre vengt-te-yang)

-Ratusan, ribuan, jutaan (selain seratus, seribu, sejuta) diberi akhiran “s” di belakang. (Misal 200 = deux cents; 5000 = cinq milles)
Ini tidak berlaku jika di ratusan atau ribuan tsb mempunyai satuan dll (misal 201 = deux cent un, bukan deux cents un)

-Angka 70 dan 90, apabila ditulis dalam huruf, ditambahkan tanda strip antarkata (70 = soixante-dix; 90 = quatre-vingt-dix)

-Oh ya, 555 ditulis cinq cent cinquante cinq, dibaca seng-song-sengkongt-seng (kok jadi berasa kaya Bahasa Cina ya?)

–***–

 
1 Comment

Posted by on April 11, 2009 in Remembrall, Share

 

One response to “Chapitre 3: Nombre

  1. Firman Cynta Syifah

    April 21, 2013 at 10:35 am

    Makasih yaa materinya… kebetulan lagi diklat dn ada plajaran bhs Prancis….
    Merci…🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: