RSS

Ponsel Berkamera atau Kamera Berponsel?

10 Jan

Ketika pertama kali muncul, fitur kamera pada ponsel dianggap sebagai evolusi pada teknologi komunikasi. Banyak orang cenderung memilih kamera yang ada pada ponsel ketimbang membeli kamera digital dan ponsel terpisah karena alasan mobilitas dan kemudahan untuk mengabadikan momen tak terduga dengan cepat. Dan saat ini, fitur kamera bisa dibilang sudah menjadi fitur wajib bagi hampir semua ponsel keluaran terbaru.

Jika pada awal kemunculannya pengguna ponsel sudah cukup puas dengan kamera beresolusi VGA, yang tentunya tidak bisa diandalkan dalam hal hasil cetakan, maka kini pengguna ponsel sudah dimanjakan dengan kemunculan ponsel berkamera beresolusi setara kamera digital, bahkan ada yang menyebutnya kamera berponsel alih-alih ponsel berkamera. Dan berikut adalah beberapa ponsel yang memiliki kamera yang bisa dibilang setara dengan kamera digital yang aku kumpulkan dari berbagai sumber. Ponsel-ponsel ini disebut-sebut sebagai ancaman bagi kamera digital.

Ponsel dengan kamera beresolusi 8 MP

  • Sony Ericsson C905
    Sony Ericsson C905Ponsel ini termasuk dalam jajaran ponsel Cybershot keluaran Sony Ericsson. Selain didukung kamera beresolusi 8 MP, ponsel ini juga dilengkapi dengan akselerasi otomatis “flip foto” dan GPS yang memungkinkan geotagging yang berguna untuk mencatat lokasi pemotretan. Fitur lain yang disediakan untuk mendukung kemampuan kameranya adalah Auto Focus, Face Detection, Smart Contrast dan Image Stabilizer. Image Stabilizer ini memungkinkan gambar yang ditangkap tetap jernih meski ponsel ataupun objek sedang dalam keadaan bergerak. Untuk media penyimpanan, ponsel ini menyediakan slot memory eksternal yang support hingga 2 GB dan memory internal sebesar 160 MB.
  • Nokia N86
    Dengan kekuatan kameranya, ponsel ini mampu menghasilkan foto hingga 3280 x 2464 pixels berukuran sekitar ukuran 1,3 hingga 1,8 MB. Sederet optimalisasi atau pengaturan menyertainya seperti white balance, effect, lampu flash, macro, hingga mode panorama. Ponsel ini juga didukung fitur geotagging. Jadi, bila pengguna mengambil foto di luar ruangan, koordinat lokasinya bisa tercatat dengan adanya teknologi GPS yang memungkinkan geotagging tersebut.
  • LG Renoir KC910
    LG RenoirUntuk menghadapi persaingan ponsel kamera, LG mengeluarkan tipe Renoir KC910. Desainnya tampak elegan dengan layar sentuh lebar dan minim tombol. Fitur utamanya berupa kamera 8 megapiksel yang dilengkapi dengan lensa Schneider-Kreuznach, autofocus, macro mode, dan white balance.
    Fitur lain yang disematkan ke dalam pomsel ini adalah HSDPA, A-GPS, geotagging, Google Maps, dan jogging buddy.
  • _

Ponsel dengan kamera beresolusi 10 MP

  • Samsung SCH-B600
    Samsung SCH B600Ponsel yang dikeluarkan sekitar 4 tahun lalu ini menawarkan hasil jepretan yang setara dengan kamera digital 10 megapiksel lainnya. Kamera yang diimplan di SCH-B600 dilengkapi dengan 3x optical zoom dan 5x digital zoom. Kamera juga dilengkapi dengan auto focus dan flash yang mampu bekerja secara optimal untuk foto 10MP. Ponsel ini juga dilengkapi white balance, manual focus, continuous picture-taking, dan interval picture-taking functions dan LED autofocus yang mampu membantu pengguna ponsel untuk mengambil gambar yang jernih, tanjam meskipun dalam keadaan kurang cahaya.
  • VirtuV F10
    VirtuV F10Ponsel ini memang didesain menyerupai kamera digital. Dari posisi lensa dan lampu, tombol kamera, viewfinder semuanya menyerupai kamera digital. Ditambah lagi, dalam paket penjualannya juga disediakan tripod untuk memudahkan pengambilan gambar. Fitur-fitur yang mendukung fungsionalitas kameranya berupa auto focus dan setting khusus berupa 3 Custom FX di Colour effect, maksimal 5 shot pada Multi shots, Multi-Zone dan Face detection di AF type, Anti shaking di Scenes serta Red-eye di Flash. Untuk video recordernya sendiri, ponsel ini tidak membatasi ukuran dan waktunya selama memori dalam ponsel masih cukup.

Ponsel dengan kamera beresolusi 12 MP

  • Samsung PIXON
    Samsung PixonPonsel ini disebut-sebut sebagai ponsel pertama yang memiliki kamera 12 MP. Di samping fitur kamera yang mumpuni, samsung seri ini juga didukung dengan fitur layar sentuh pada layarnya. Selain itu kamera ponsel ini memiliki memori internal sebesar 150 MB plus slot micro SD. Sebagai tambahan, fitur GPS, FM radio, dan video recorder juga ditanamkan di dalamnya.
    _
    _
    _
  • Samsung AMOLED 12M
    Samsung AmoledSelain mengeluarkan tipe PIXON, Samsung juga mengeluarkan ponsel dengan kamera 12 MP yaitu Samsung AMOLED 12M atau model SCH W880. Selain kamera 12 MP, ponsel ini juga dibekali 3x optical zoom dan perekam video berkualitas tinggi dengan resolusi 1280 x 720 pada 30 frame per detik. Bentuknya sekilas mirip dengan kamera saku, sehingga pada pandangan pertama mungkin orang akan mengira bahwa ini adalah sebuah kamera alih-alih ponsel. Selain fitur di atas, ponsel ini juga memiliki fitur tambahan berupa lampu kilat Xenon, shake reduction, dan face recognition. Sedangkan fitur pendukung kemampuan kameranya berupa Handset’s Touch Auto-Focus (AF) yang memungkinkan untuk menentukan titik fokus dengan sentuhan jari. Ada lagi fitur Auto Smart yang memudahkan pengguna mengubah modus bidikan sesuai dengan objek, background dan pencahayaan. Menarik bukan?
  • LG GC900 Louvre
    Disemati kamera 12 megapiksel, ponsel ini juga dilengkapi dengan lensa optic Scheider-Kreuznach dan fasilitas xenon flash untuk image yang lebih baik di kondisi cahaya yang kurang terang. Fitur lainnya dari ponsel LG GC990 ini berupa kemampuan capturing video dengan resolusi 1280×720 pixel, video 30 fps dan autofocus. Untuk urusan layar, kamera ini mengandalkan layar touchscreen 3.2 inch yang sensitif sentuhan. Sebagai fitur tambahan, pengguna dapat menggunakan Wi-Fi plus support DLNA, TV-out dan GPS dari handphone LG GC990 Louvre ini. Fasilitas lainnya adalah Bluetooth, DivX, Xvid, dan user interface 3D S-class.
  • Nokia N86
    Nokia N86 12 megapixelTidak mau kalah, vendor ponsel asal Finlandia, Nokia, juga akan merilis ulang seri N86 yang sebelumnya disemati dengan kamera 8 MP dengan kamera beresolusi 12 MP. Untuk menyempurnakan kualitas kameranya, ponsel ini juga dibekali dengan Carl Zeiss optics dan flash LED Xenon/Dual LED. Selain itu, pada bagian layarnya ditambahkan teknologi layar sentuh dengan ukuran 3.2 inchi yang menggunakan resolusi WVGA dengan kekuatan 800×480 pixel. Dari segi prosesor, seri ini akan mengadopsi N78 yaitu masih menggunakan prosesor yang berjalan di 600MHz.
    _
  • Sony Ericsson Satio dan Idou
    Untuk mengimbangi vendor lain yang memiliki produk berkamera 12 MP, Sony Ericsson juga mengeluarkan ponsel beresolusi sama yaitu tipe Satio dan Idou yang gambarnya bisa dilihat di bawah ini.
    Idou dan Satio
 
1 Comment

Posted by on January 10, 2010 in Blog Competition

 

Tags: , , ,

One response to “Ponsel Berkamera atau Kamera Berponsel?

  1. radenb78

    December 15, 2011 at 5:16 pm

    awas ada kamera 3,0 MP palsu, padahal cuma 2MP. salah satu merk nya adalah nokia. contohnya N73 tuh!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: