RSS

Steganography, The Advanced Cryptography

10 Jan

Setelah dipopulerkan Dan Brown melalui novel dan film kontroversial The Da Vinci Code, kriptografi menarik perhatian masyarakat luas karena keunikannya. Kriptografi, yang secara harfiah berarti tulisan tersembunyi, adalah ilmu yang mempelajari mengenai information hiding atau penyembunyian informasi. Dalam aplikasinya, kriptografi banyak dimanfaatkan pada kartu ATM, password komputer, dan e-commerce.

Selain kriptografi, ada lagi ilmu penyembunyian informasi yang disebut Steganografi yang belum banyak diaplikasikan. Berbeda dengan kriptografi dimana data yang disembunyikan tampak oleh mata (walaupun dalam susunan acak), pada steganografi data disembunyikan pada medium berupa file lain sehingga data tersebut tidak kasat mata. Steganografi dapat diartikan sebagai sebuah teknik dalam data hiding dimana sebuah file disisipkan ke dalam file lain untuk menyembunyikannya tanpa membuat file yang disisipi tampak memiliki perbedaan dengan file asli. Sebagai contoh, perhatikan kedua gambar berikut

Lena

Lena.png (encoded)

secara kasat mata, kedua gambar tersebut nampak sama, namun sebenarnya, gambar yang bawah telah disisipi file teks berisi kata ‘secret’ yang disembunyikan dalam representasi bit dari gambar tersebut. Jika tidak percaya, simpan gambar bawah (lena.png) kemudian kunjungi http://www.kwebbel.net/stega/enindex.php dan upload gambar tersebut di bagian Picture. Kosongi bagian File to be hidden dan klik –Start–. Maka kamu akan memperoleh sebuah file teks berisi secret.

Berbicara mengenai steganografi tidak lengkap tanpa membahas Digital Watermarking. Digital watermarking adalah aplikasi dari steganografi yang dapat diartikan sebagai suatu cara penyembunyian atau penanaman data/informasi tertentu (baik hanya berupa catatan umum maupun rahasia) ke dalam suatu data digital lainnya, tetapi tidak diketahui kehadirannya oleh indera manusia (indera penglihatan atau indera pendengaran), dan mampu menghadapi proses-proses pengolahan sinyal digital sampai pada tahap tertentu. Penyisipan informasi dengan teknik watermarking ini dilakukan sedemikian sehingga informasi yang disisipkan tidak merusak data digital yang dilindungi. Perbedaan utama dari steganografi dan digital watermarking adalah jika pada steganografi informasi rahasia disembunyikan di dalam media digital dimana media penampung tidak berarti apa-apa, maka pada watermarking justru media digital tersebut yang akan dilindungi kepemilikannya misalnya untuk pemberian label hak cipta.

Beberapa pengaplikasian Steganografi dan Digital Watermarking antara lain

  • Tamper-proofing; watermarking digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasikan atau alat indikator yang menunjukkan data digital (host) telah mengalami perubahan dari aslinya.
  • Feature location; menggunakan metoda watermarking sebagai alat untuk identifikasikan isi dari data digital pada lokasi-lokasi tertentu, seperti contohnya penamaan objek tertentu dari beberapa objek yang lain pada suatu citra digital
  • Annotation/caption; watermarking hanya digunakan sebagai keterangan tentang data digital itu sendiri.
  • Copyright-Labeling; watermarking dapat digunakan sebagai metoda untuk penyembunyikan label hak cipta pada data digital sebagai bukti otentik kepemilikan karya digital tersebut.

Tertarik dengan Steganografi dan Digital Watermarking, simak teknik/metode penyembunyian informasi dengan steganografi di postingan selanjutnya.

 
3 Comments

Posted by on January 10, 2010 in Blog Competition

 

Tags: , , , , , , ,

3 responses to “Steganography, The Advanced Cryptography

  1. segi3

    January 17, 2013 at 9:04 pm

    mas tahu buku yang membahas tentang steganografi dalam bahasa indonesia ?? lagi cari cari tapi belum ketemu,, mohon bantuanya ?

     
    • ulinnuha

      January 18, 2013 at 7:02 am

      kalau buku yang spesifik membahas steganografi saya kurang tahu. biasanya sih dibahasnya di buku sekuritas jaringan..

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: