RSS

Tips Memaksimalkan Hasil Jepretan Ponsel

10 Jan

Meskipun resolusi pada kamera yang disematkan di ponsel sudah kian tinggi, namun hasil cetakan antara kamera pada ponsel dengan kamera digital dengan resolusi setara masih kalah jauh. Hal ini salah satunya dikarenakan banyaknya faktor misalnya desain ponsel, adanya guncangan, ada atau tidaknya lampu flash pada kamera ponsel, dan lain-lain. Berikut aku akan sedikit share cara mengoptimalkan hasil jepretan kamera pada ponsel agar mendapat kualitas terbaik saat dicetak.

  1. Gunakan resolusi tertinggi
    Pada banyak ponsel berkamera, apalagi yang memiliki kamera beresolusi tinggi, tentunya terdapat banyak pilihan resolusi yang akan digunakan ketika mengambil gambar. Walaupun resolusi yang lebih rendah bisa membuat ukuran gambar lebih kecil dan menghemat memori, namun hasil cetakannya pun rasanya akan jauh berbeda jika kita menggunakan resolusi tertinggi. Jadi, apabila gambar yang diambil nantinya akan dicetak, maka pilihlah resolusi tertinggi pada settingan kamera. Lain halnya jika kamu mengambil gambar tersebut untuk langsung diunggah ke social networking. Untuk urusan ini, sebaiknya digunakan resolusi sedang untuk menghemat jumlah data yang ditransfer ketika mengunggah file tersebut. Namun tetap saja, mengambil gambar dengan resolusi tinggi akan jauh lebih baik, karena gambar beresolusi tinggi bisa diperkecil sedangkan gambar beresolusi rendah tidak bisa diperbesar (resolusinya).
  2. Dekati objek dan hindari penggunaan fitur zoom
    Fitur zoom (digital zoom) sebenarnya tidak memperbesar gambar namun hanya memperbesar bagian objek yang di-zoom menjadi seukuran layar ponsel sehingga resolusinya pun akan berkurang. Akibatnya, detil pada hasil jepretan tidak akan terlalu terlihat. Lebih baik kita mendekati objek dan memotretnya dari jarak dekat alih-alih memotret dari jauh dengan menggunakan digital zoom. Namun, jika kamera kamu ternyata mensupport optical zoom, maka kamu bebas mengguanakannya karena optical zoom ini tidak akan memengaruhi resolusi gambar.
  3. Ambil gambar di tempat terang
    Walaupun banyak ponsel yang memiliki lampu kilat untuk mendukung kamera yang dimilikinya, namun alangkah baiknya jika pengambilangambar dilakukan di tempat terang karena akan mengurangi noise/bintik-bintik pada gambar.
  4. Hindari guncangan
    Ponsel memang memiliki desain yang tidak sama dengan kamera digital sehingga untuk urusan potret memotret, desain ini kadang mempersulit pengguna. Hal ini biasanya karena pada waktu memotret terjadi guncangan yang menyebabkan gambar tidak fokus. Mungkin guncangan tersebut bisa dikurangi dengan memegang erat ponselmu ketika memotret.
  5. Setting dan editing
    Hampir semua ponsel yang berkamera memiliki pengaturan khusus untuk kameranya seperti effects (normal, grayscale, sepia, negative, solarise), white balance (auto, daylight, tungsten, flourescent), dan lain-lain. Eksplorasilah fitur-fitur ini untuk mendapatkan foto yang menarik. Dan untuk masalah editing, sebaiknya kamu tidak menggunakan aplikasi di ponselmu karena biasanya selain melakukan editing, aplikasi tersebut juga akan mengurangi resolusi gambarmu. Lebih baik editing dilakukan di komputer karena hasilnya akan lebih baik

Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi dengan ponsel kameramu!!🙂

 
Leave a comment

Posted by on January 10, 2010 in Blog Competition

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: