RSS

Trend Sistem Operasi Pada Ponsel

10 Jan

Seperti halnya komputer, ponsel juga memiliki sistem operasi yang menjembatani antara perangkat keras dengan program-program yang ada, seperti contact, messaging, kamera, musik player, dan aplikasi pihak ketiga. Kini, sistem operasi pada ponsel sudah berkembang sebegitu pesatnya hingga banyak bermunculan ponsel-ponsel baru yang mengusung berbagai macam sistem operasi berbeda. Berikut ini akan aku coba bahas beberapa sistem operasi mobile yang banyak digunakan saat ini, yang aku kumpulkan dari beberapa sumber.

1. Symbian

n7710-symbianSymbian bisa dibilang sebagai sistem operasi paling populer di dunia mengingat jumlah penggunanya mencapai lebih dari 50% dari pengguna smartphone. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Symbian, Ltd.–yang merupakan kolaborasi vendor ponsel Ericsson, Nokia, Motorola, dan Psion–dan memang dikhususkan sebagai mobile operating system. Sistem operasi ini ditulis dengan bahasa C++. Awalnya sistem operasi ini merupakan OS yang close source, namun dalam perkembangannya, sistem operasi ini berubah menjadi open source dan memungkinkan banyak pihak untuk mengembangkan aplikasi yang bisa dioperasikan di ponsel ber-OS symbian. Versi stabil terbaru dari Symbian OS adalah Symbian OS 9.5 dan versi tak-stabil terbarunya adalah Symbian^2 platform / Q3 yang dirilis pada tahun 2009.

Dalam perkembangannya Symbian OS memiliki beberapa versi, yaitu

  • Symbian OS 6.0 dan 6.1. contohnya adalah Nokia 9210 Communicator
  • Symbian OS 7.0 dan 7.0s. Pada versi ini muncul berbagai versi user interface seperti UIQ (Sony Ericsson P800, P900, P910, Motorola A925), Series 60 (Nokia 7650, 3230, 6260, 6600, 6670, 7610, N-Gage, N-Gage QD), Series 80 (Nokia 9210, 9300, 9500), series 90 (Nokia 7710), dan MOAP–Mobile Oriented Application Platform (Contohnya ponsel NTT DoComo). Symbian OS 7.0s adalah versi 7.0 yang diadaptasi agar memiliki kompatibilitas yang lebih baik dengan versi 6.x
  • Symbian OS 8.0 dan 8.1. Contohnya adalah Nokia N91
  • Symbian OS 9. Digunakan untuk keperluan internal Symbian
  • Symbian OS 9.1. Termasuk ponsel Nokia seri S60 3rd edition dan beberapa tipe Sony Ericsson seperti M600 dan P990.
  • Symbian OS 9.2. Contohnya Nokia E90, Nokia N95, Nokia N82, dan Nokia 5700
  • Symbian OS 9.3. Misalnya Nokia E72, E75, E79, dan N96
  • Symbian OS 9.4. Contohnya Samsung OMNIA HD, Nokia N97, Nokia 5800 XpressMusic, Sony Ericsson Satio, dan ponsel S60 5th edition lainnya.

Sistem operasi Symbian juga rentan terhadap ancaman sekuriti berupa virus. Contoh virus yang sering menyerang ponsel ber-OS Symbian adalah Cabir, yang mengirimkan dirinya dari ponsel ke ponsel lain via bluetooth.

2. Windows Mobile

Windows mobile adalah versi mobile dari sistem operasi PC paling populer, Windows, keluaran Microsoft. Sistem operasi ini didesain khusus agar bisa berjalan pada smartphone dan perangkat mobile. Sistem operasi yang awalnya dirilis dengan nama Pocket PC 2000 ini hampir semuanya dilengkapi stylus pen yang digunakan sebagai ‘mouse’ pada layar ponsel. OS ini sudah berkali-kali di-update versinya dengan versi terbarunya saat ini adalah Windows Mobile 6.5 yang dirilis 5 Oktober 2009. Ke depannya akan dirilis Windows Mobile 7.0 yang akan keluar sekitar pertengahan 2010. User interface dari perangkat Windows Mobile menyerupai Windows pada PC, namun sayangnya, seperti halnya Windows pada PC, sistem operasi ini bersifat close source sehingga agak menyulitkan pihak ketiga untuk menyediakan aplikasi yang mendukung.

Versi-versi yang telah dirilis meliputi:

  • Pocket PC 2000
  • Pocket PC 2002
  • Windows Mobile 2003 yang memiliki 4 edisi, yaitu : Windows Mobile 2003 for Pocket PC Premium Edition, Windows Mobile 2003 for Pocket PC Professional Edition, Windows Mobile 2003 for Smartphone, dan Windows Mobile 2003 for Pocket PC Phone Edition.
  • Windows Mobile 2003 Second Edition (Windows Mobile 2003 SE)
  • Windows Mobile 5
  • Windows Mobile 6 yang memiliki 3 versi, yaitu : Windows Mobile 6 Standard for Smartphone (phone without touchscreen), Windows Mobile 6 Professional for Pocket PC with phone functionality, dan Windows Mobile 6 Classic for Pocket PCs without cellular radio.

Contoh dari perangkat yang memiliki sistem operasi ini antara lain Audiovox SMT 5600, iMate SP3i, Samsung SCH-i600, Mio 8390, Sagem myS-7, Orange SPV C500, HP iPAQ rw6100, Motorola MPx220, O2 Xphone, dan O2 Xphone II.

UPDATE 08-02-2011: Saat ini versi terbaru dari Windows Mobile adalah Windows Phone 7

3. Palm OS

Palm CTreo 680Palm OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Palm, Inc. yang awalnya dikhususkan sebagai sistem operasi untuk PDA. Namun dalam perkembangannya, Palm OS juga dibuat untuk smartphone. Sistem operasi ini didesain untuk kemudahan penggunaan dengan GUI (Graphical User Interface) berbasis touchscreen. Sistem operasi ini ditulis dengan bahasa pemrograman C/C++ dan bersifat close source. Contoh perangkat yang menggunakan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680. Smartphone ini menggunakan system operasi Palm OS 5.4.9. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.

4. Android

HTC MagicAndroid adalah sistem operasi mobile yang berjalan pada kernel Linux, yang dirilis pada 21 Oktober 2008. Awalnya, sistem operasi ini dikembangkan oleh Android, Inc, yang kemudian dibeli oleh Google, dan yang terakhir, sistem operasi ini dibeli oleh Open Handset Alliance, sebuah consortium dari 47 perusahaan hardware, software, dan telecom (termasuk Google) yang didirikan untuk membuat open standard bagi perangkat lunak mobile. Sistem operasi ini bersifat free dan open source.

Perangkat mobile yang mendukung sistem operasi ini di antaranya adalah HTC Dream dan HTC Magic, ponsel keluaran vendor asal Taiwan, HTC.

UPDATE Android 08/02/2011:

Dalam setahun terakhir (tahun 2010), popularitas Android melonjak tajam bahkan popularitasnya menyaingi Symbian, iOS, dan Blackberry OS. Berbagai vendor berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan OS Android. Versi Android pun berkembang dengan cepat. Dan bahkan, saat ini banyak komputer tablet yang mengusung OS Android.

Android memakai codename berupa nama makanan, dengan urutan sebagai berikut:

  • versi 1.5 – Cupcake
  • versi 1.6 – Donut
  • versi 2.1 – Eclair
  • versi 2.2 – Froyo
  • versi 2.3 – Gingerbread
  • versi 3.0 – Honeycomb (khusus tablet)
  • versi selanjutnya dirumorkan memiliki codename Icecream sandwich

Biasanya, masing-masing vendor mengeluarkan rilis update versi Android untuk produk besutan mereka. Namun terkadang, beberapa vendor, seperti Sony Ericsson dengan seri Xperia X10-nya, memilih untuk hanya mengeluarkan update minor pada software dan berhenti mengeluarkan update versi Android karena pertimbangan spesifikasi hardware yang kurang mendukung dan kompatibilitas program (Seri Xperia X8 dan Xperia X10 berhenti di versi 2.1/Eclair). Namun demikian, pengguna Android tetap bisa melakukan update versi Android dengan cara rooting dengan resiko menghilangkan garansi dari produk tersebut.

Beberapa vendor yang mengeluarkan ponsel dengan OS Android antara lain:

  • HTC, dengan produk: Google Nexus One, HTC Desire, HTC Desire HD, HTC Desire Z, HTC Aria, HTC Dream, HTC Hero, HTC Glacier, HTC Droid Incredible, HTC Magic, HTC Tatoo, HTC Thunderbolt, HTC Evo 4G, HTC Wildfire, HTC Espresso
  • Samsung, dengan produk: Google Nexus S, keluarga Galaxy (Galaxy Spica, Galaxy S, Galaxy 5, Galaxy 551,  Galaxy Ace, Galaxy Gio, Galaxy Fit, Galaxy Mini)
  • Sony Ericsson, dengan produk: keluarga Xperia (Xperia X8, Xperia X10, Xperia X10 mini, Xperia X10 mini pro, Xperia Arc, Xperia Play)
  • Motorola: Motorola Milestone/Droid, Motorola Milestone 2/Droid2, Motorola Droid X, Motorola Droid Pro, Motorola Backflip, Motorola Atrix, Motorola Droid Bionic, Motorola Glam (Dual SIM – GSM&CDMA), Motorola XT3 XT502, Motorola XT5 XT502, Motorola Charm, Motorola CLIQ XT
  • LG: LG Optimus, LG Optimus One, LG Optimus Me, LG Optimus Z, LG Optimus 2X
  • Acer: Liquid E, Liquid Stream, beTouch
  • Nexian Journey, IMO X2, AHA Touch (ponsel lokal)
  • PS: Spesifikasi untuk masing-masing ponsel di atas bisa dilihat di gsmarena.com

5. Blackberry OS

BlackberryBlackberry OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh perusahaan Kanada, Research in Motion (RIM) yang dibuat untuk handheld andalan mereka dengan nama yang sama. Sistem operasi ini ditulis dalam bahasa Java dan bersifat Close Source. Versi stabil terakhir yang dikeluarkan adalah versi 5.0.0.419 (Blackberry Storm 9530).

Perangkat yang menggunakan Blackberry OS sebagai sistem operasi tentu saja adalah semua varian Blackberry seperti Blackberry Bold, Storm, Curve, Pearl, dan Tour.

6. IPhone OS (iOS)

iPhoneiPhone OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple, Inc. yang dibuat untuk produk mereka yaitu iPhone dan iPod Touch. Sistem operasi ini termasuk dalam keluarga Mac OS X / Unix-like operating system. Walaupun sistem operasinya bersifat close source, namun komponennya bersifat open source sehingga memudahkan pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi yang bisa berjalan pada sistem operasi ini.

User interface pada sistem operasi ini menggunakan konsep manipulasi langsung pada layar handheld dengan menggunakan multi-touch gesture. Kontrol pada interfacenya meliputi slider, swith, dan tombol.

Aplikasi-aplikasi yang disertakan dalam sistem operasi ini meliputi Messaging, Calendar, Photos, Camera, Youtube, Google Maps, iPhone, Safari, dan beberapa aplikasi standar lainnya.

Selain sistem operasi di atas, masih banyak lagi sistem operasi yang digunakan untuk perangkat mobile, seperti Nokia OS S30 dan S40 (yang digunakan pada ponsel-ponsel jadul Nokia), Bada (OS khusus dari Samsung untuk smartphone, diumumkan 10 November 2009), Meego, Maemo, Ubuntu Mobile, webOS, dan lain-lain.

 
2 Comments

Posted by on January 10, 2010 in Blog Competition

 

Tags: , , ,

2 responses to “Trend Sistem Operasi Pada Ponsel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: