RSS

Update dan Terima Status Facebook via SMS

10 Jan

Beberapa waktu lali aku mengikuti sebuah kuis online, namanya Bababutis–Bagi-bagi Buku Gratis. Kuis ini diadakan oleh salah satu penerbit buku Indonesia via Facebook. Permainannya cukup mudah, setiap hari panitia akan memposting pertanyaan mengenai buku terbitan penerbit tersebut via status dan peserta diharuskan adu cepat untuk menjawabnya via comment. Sepuluh penjawab pertama tiap sesi akan memperoleh poin yang diakumulasi sampai akhir periode. Masalahnya adalah, timing panitia mengeluarkan pertanyaan tiap harinya bisa kapan saja, kadang pagi, siang, bahkan pernah tengah malam. Dan aku sering telat menjawab karena aku tidak selalu berada di depan komputer dengan akses internet.

Bababutis

Aku bisa saja memanfaatkan gprs untuk browsing dari ponsel, tapi tetap saja aku harus me-refresh tiap saat untuk melihat update terbaru, selain boros pulsa, juga boros waktu. Setelah sempat browsing-browsing mencari ide, akhirnya aku memanfaatkan fasilitas Facebook SMS dari Telkomsel sehingga aku bisa mendapat update status dari teman-temanku. Setelah mendaftar, aku pun men-‘Subscribe via SMS’ update status dari penerbit bersangkutan dan aku bisa mendapat update status langsung dari penerbit tersebut sehingga aku bisa langsung menjawab pertanyaan kuis🙂

Untuk mendaftar ke Facebook Text, kita cukup mengetik f dan mengirimkannya ke 32665. Sistem kemudian akan me-reply dengan confirmation code yang harus diisikan ke http://m.facebook.com/sms/activation.php atau dengan mengunjungi link yang dikirimkan via sms bersama confirmation code tadi. Setelah proses aktivasi tersebut, kita bisa melakukan pengaturan sms apa saja yang dikirimkan ke kita (message, wall post, post comments, photo tagging, photo comment, notes comments, dan poke).

Selain itu kita juga bisa mengupdate status dengan mengirim sms ke 32665 (ketik statusnya, kirim ke nomor 32665), mengirim message (msg [username] [isi pesan]), mengirim wall post (wall [username] [isi wall post]), berlangganan dan berhenti langganan update status teman (sub [username] dan unsub [username]), bantuan (help), dan lain-lain. Untuk berlangganan update status dari teman kita, cukup dengan masuk profil dari user yang bersangkutan dan klik ‘Subscribe via SMS‘. Untuk ini, kita dibebani tarif per-smsnya.

Jika kita tidak ingin tarif dibebankan per sms, kita juga bisa berlangganan Facebook text dengan men-dial *100# kemudian memilih 4 (Facebook Mobile). Tersedia pilihan langganan mingguan (Rp. 2000 untuk 20 sms selama 10 hari) dan langganan bulanan (Rp. 5000 untuk 50 sms selama 30 hari). Selamat ber-facebook ria🙂🙂🙂

 
10 Comments

Posted by on January 10, 2010 in Blog Competition

 

Tags: , , , , , ,

10 responses to “Update dan Terima Status Facebook via SMS

  1. -ade 'techmo'vikers-

    January 28, 2010 at 4:00 pm

    hahahahahahahaha

     
  2. zeki

    March 16, 2010 at 1:32 am

    kok nggk bisa!!

     
  3. zeki

    March 16, 2010 at 1:33 am

    KOK NGK BISA!!

     
  4. zeki

    March 16, 2010 at 1:34 am

    GMANA CARANYA!!

     
    • mulinnuha

      April 12, 2010 at 3:30 pm

      memang agak lama dan kadang-kadang nggak ada reply-nya mas.. dicoba saja terus..🙂

       
  5. aput

    July 21, 2010 at 9:59 am

    Gimana nich, pulsa simpatiku udah kepotong 1650, tapi selalu diminta registrasi lagi. REG FB ……

     
    • mulinnuha

      July 23, 2010 at 2:14 pm

      err.. wah, kalau saya dulu emang agak lama reply-nya.. baiknya coba hubungi call center nya saja🙂

       
  6. Ayu

    February 2, 2011 at 7:01 pm

    Udah ditelpon call centre eh disuruh tunggu 3 x 24 jam

     
  7. Ayu

    February 2, 2011 at 7:02 pm

    Sebel banget.. Dah habis pulsa gara-gara sms activasi

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: