RSS

Internet = Lifestyle?

02 Feb

Web 2.0

Internet saat ini telah menjadi kebutuhan wajib bagi mayoritas penduduk dunia, tak terkecuali di Indonesia. Sejak diperkenalkannya web 2.0—generasi kedua layanan berbasis web yang menyediakan fitur web dinamis, blog, social media—kini akses informasi bisa diperoleh dengan cepat dan mudah. Selain itu, keberadaan smartphone yang didukung oleh sistem operasi mobile semakin menambah kemudahan dan mobilitas bagi seseorang untuk mengakses internet; tanpa perlu repot-repot menyalakan komputer, cukup dari genggaman tangan.

Perkembangan internet juga telah mengubah bagaimana seseorang melakukan aktivitasnya. Pekerjaan-pekerjaan yang dulunya hanya bisa dilakukan secara konvensional dan memakan waktu lama, kini dapat dilaksanakan bahkan dari kamar dengan berbekal koneksi internet.

Salah satu fasilitas internet yang sangat berpengaruh bagi masyarakat adalah social media. Social media memainkan peran penting dalam penyebaran informasi. Sekarang, informasi berita, gosip, informasi lomba, adanya produk baru bisa disebarkan dengan cepat dan mudah lewat social media tersebut.

Brosur vs Social Media

Sebelum berkembangnya internet, biasanya orang mempromosikan produknya lewat selebaran, pamflet, brosur, dan sebagainya. Tentunya brosur tersebut hanya terpakai sekali saja karena jika ada perubahan harga, maka brosurnya pun harus diganti. Tapi dengan adanya social media seperti facebook dan twitter, kini katalog produk dapat di-update dengan cepat sehingga calon pembeli bisa mendapat info produk terbaru dengan mudah dan cepat. Dan tentu saja, biaya untuk update-nya jauh lebih murah. Dan sejak adanya social media, mengenalkan produk yang benar-benar baru, bahkan yang nama produsennya belum dikenal pun, kini lebih mudah dan cepat ketimbang harus beriklan di media massa seperti televisi atau koran.

Selain digunakan untuk kepentingan individu, social media juga sering digunakan untuk promo sebuah brand atau produk. Saat ini, hampir semua perusahaan besar yang berkecimpung pada usaha operator telepon, elektronik, toko online, penerbitan, dan beberapa unit usaha lainnya memiliki divisi khusus yang menangani social media. Social media ini bermanfaat untuk mendekatkan diri kepada konsumen dan mengetahui selera dan kemauan konsumen. Social media, selain berguna untuk memberikan update informasi kepada konsumen, bisa digunakan sebagai sarana promosi produk dan mengadakan survey. Saya sendiri, sebagai konsumen, juga merasa mendapatkan manfaat dengan mengikuti (follow atau add friend) social media milik suatu brand. Selain mendapat update info terbaru, ada beberapa brand yang mengadakan survey atau kuis berhadiah melalui social media mereka yang dapat diikuti konsumen. Dengan demikian, social media mampu menciptakan suatu sistem timbal balik positif bagi produsen dan konsumen produk.

.

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh internet adalah toko online dan forum jual beli (FJB). Walaupun saya termasuk orang yang masih jarang membeli barang secara online, saya lebih suka mencari dan melihat daftar harga dan spesifikasi barang yang hendak saya beli di internet. Selain karena tidak perlu jauh-jauh ke tokonya langsung, website toko online biasanya lebih update dalam penentuan harga dan berita adanya produk baru. Hal ini mempermudah dalam menentukan produk mana yang akan saya beli dan berapa biaya yang harus saya siapkan.

Katalog Buku Online

Kelebihan lain dari toko online adalah kelengkapan produk dan kemudahan pencarian barang. Hampir semua toko online menyediakan fasilitas pencarian barang yang memudahkan calon pembeli untuk mendapatkan barang yang dicari. Biasanya toko online juga mempunyai hubungan dengan produsen atau distributor barang langsung, sehingga calon pembeli bisa memesan barang yang langka atau jarang ditemui di toko biasa. Toko online biasanya juga memberikan promo-promo khusus, misalnya diskon tambahan, bonus barang, dan sebagainya.

Saya sendiri sempat beberapa kali mencicipi pembelian barang secara online. Di sebuah toko buku online, saya bisa mendapatkan buku yang telah lama saya cari di toko namun tidak ketemu karena sudah out-of-stock. Dan karena beberapa toko buku online bekerja sama dengan penulis buku, saya juga pernah mendapatkan buku dengan tanda tangan penulis tersebut. Dan selama saya menggunakan jasa toko online, pelayanan yang diberikan juga sangat memuaskan.

.

Satu lagi kemudahan yang bisa ditawarkan internet dalam memudahkan aktivitas antara lain adalah fasilitas internet banking. Hampir semua bank di Indonesia sudah memiliki fasilitas perbankan melalui internet ini.

Internet Banking

Jika dulu seseorang harus antre ke kantor cabang bank atau mencari ATM terdekat untuk melakukan transaksi finansial, kini dengan adanya internet banking transaksi non-tunai seperti transfer, pembelian pulsa, cek saldo, dan pembayaran pembelian barang secara online bisa dilakukan dari rumah. Ini tentunya memudahkan pengguna yang tidak sempat pergi ke kantor cabang atau ke ATM untuk melakukan transaksi tersebut. Juga lebih hemat waktu, tentu saja. Dan bagi yang khawatir dengan masalah keamanan, internet banking juga dilengkapi prosedur keamanan, misalnya dengan penggunaan protokol HTTPS, token (alat penghasil kode transaksi khusus yang berubah-ubah), dan enkripsi data agar data transaksi yang dilakukan tidak gampang disusupi atau dibobol orang lain. Dan walaupun saya jarang melakukan transaksi finansial melalui internet banking, saya—sebagai mahasiswa yang masih mengandalkan uang kiriman orangtua—merasa cukup terbantu dengan fasilitas pengecekan saldo dan mutasi rekening yang ada di internet banking sehingga saya tidak perlu bolak-balik ke ATM/Bank untuk mengecek apakah kiriman dari orangtua saya sudah masuk atau belum😉

.

Internet telah berkembang dengan cukup pesat dalam memudahkan kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan manusia. Internet juga berhasil mengubah cara seseorang melakukan aktivitasnya. Social media, toko online dan forum jual beli, dan internet banking adalah beberapa dari banyak kemudahan yang ditawarkan internet. Dan diakui atau tidak, kini internet telah menjadi semacam lifestyle atau gaya hidup bagi kebanyakan orang.

***

Artikel ini diikutkan di Bhinneka Blog Competition dalam rangka memperingati ulang tahun bhinneka.com yang ke-18.

Link: http://www.bhinneka.com

 
2 Comments

Posted by on February 2, 2011 in Blog, Blog Competition

 

Tags: , , , , , , ,

2 responses to “Internet = Lifestyle?

  1. roby

    February 11, 2011 at 9:48 pm

    dewasa ini internet memang menjadi kebutuhan dan salah satu gaya hidup..
    salam kenal dan semoga sukses dalam lombanya..

     
    • ulinnuha

      February 12, 2011 at 5:23 pm

      Salam kenal juga
      Amin. Terima kasih sudah berkunjung🙂

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: