RSS

Pengalaman Membeli Domain dan Hosting Murah di IDWebhost

15 Feb

Untuk membuat website yang keren, beberapa syarat perlu dipenuhi. Nama domain yang bagus dan hosting dengan akses cepat adalah dua di antaranya. Banyak website yang menawarkan domain dan hosting gratis, tapi tentunya ada limitasi/batasan tertentu, misalnya kecepatan akses yang lambat atau nama domain yang tidak sesuai keinginan. Ada pula website yang menawarkan domain yang bagus dan akses hosting yang lebih baik namun dengan harga terjangkau. Salah satu website yang menawarkan pembelian domain yg bagus dan hosting yang murah tersebut adalah IDWebhost.

Saya berkenalan dengan IDWebhost kurang lebih pada akhir tahun 2008 ketika saya mendapat tugas pengganti UAS dari dosen Pengantar Teknologi Informasi. Deskripsi tugasnya adalah membuat website dengan CMS Joomla dan website tersebut harus di-publish online dan menggunakan domain & hosting berbayar. Tujuannya agar mahasiswa bisa belajar dan tidak kerepotan jika suatu ketika nanti harus membuat website dan harus di-publish dengan domain berbayar seperti dotcom misalnya.

Beberapa teman saya memilih untuk meminta bantuan senior untuk membelikan domain dan hosting dotcom. Dari situ saya tahu ternyata biaya untuk membeli domain dotcom plus hosting untuk satu tahun cukup mahal, sekitar Rp 100.000, padahal tugas ini hanya membutuhkan waktu hosting tak lebih dari satu bulan dan space hosting yang tidak terlalu besar. Saya dan teman satu kelompok saya, Adi, Rosyid, dan Desi, kemudian mencari alternatif domain yang lebih murah. Ketika kami mencari di google dengan keyword “domain hosting murah”, idwebhost.com berada di halaman pertama. Dan ternyata, di IDWebhost memang ada alternatif domain & hosting murah yaitu domain .web.id (kami memilih nama domain http://www.greenlife.web.id—sekarang sudah expired) dan hosting 1 tahun dengan space 10 Mb seharga Rp 50.000. Space-nya sudah cukup untuk website sederhana kelompok saya dan harganya cukup murah untuk dibayar berempat🙂

Hosting di IDWebhost juga menyediakan fitur yang lumayan banyak. Fitur yang paling utama, bagi saya waktu itu, adanya Fantastico. Fantastico digunakan untuk mempermudah instalasi website dengan CMS (termasuk Joomla), blog, shopping cart software, dan sebagainya. Karena waktu itu saya masih buta terhadap instalasi CMS di webhosting, saya merasa sangat terbantu dengan adanya fasilitas Fantastico ini sehingga saya tidak perlu meng-install Jommla secara manual.

Control Panel Fantastico

Fitur lain dari hosting di IDWebhost meliputi fitur Webmail, Database (menggunakan MySQL dan PHPMyAdmin), Redirect, Subdomain, File Manager, Backup, dan fitur-fitur standar lainnya.

Screenshot website http://www.greenlife.web.id (sebelum expired)

Pada pertengahan tahun 2010 kemarin, saya dan teman saya, Rendi, diminta membuat website untuk Schematics 2010 yang merupakan lomba tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan saya. Karena saya pernah menggunakan jasa IDWebhost dan cukup puas dengan layanan yang diberikan, saya dan Rendi sepakat untuk mendaftarkan domain www.schematics2010.com di IDWebhost. Dan memang, proses pendaftaran dan pembelian domain di IDWebhost terbilang mudah dan cepat.

Proses pembayaran dan konfirmasi pembayaran di IDWebhost cukup mudah. Pembeli cukup mentransfer biaya pembelian ke nomor rekening yang ditentukan (bisa lewat paypal juga) dan melakukan konfirmasi pembayaran dengan mengisikan identitas pembeli, nama domain yang dibeli, dan jumlah yang ditransfer ke halaman konfirmasi pembayaran. Satu hal yang saya catat dari pembelian domain di IDWebhost ini adalah penggunaan Biaya Kode Unik. Biaya tambahan ini digunakan untuk mempermudah proses pembayaran dan verifikasi tanpa harus ke bank untuk mengecek pengirim transfer; masing-masing pembeli memiliki Kode Unik yang berbeda tentunya.

Biaya kode unik pembelian domain di IDWebhost

IDWebhost merupakan salah satu pilihan tempat membeli hosting dan domain murah di Indonesia. Selain proses pendaftaran yang cukup mudah dan proses pembayaran yang tidak rumit dan terbilang cepat, pelayanan yang diberikan (termasuk tanggapan customer service-nya) cukup memuaskan. Tak salah jika IDWebhost menjadi trend hosting populer di Indonesia saat ini🙂

 
8 Comments

Posted by on February 15, 2011 in Blog, Blog Competition

 

Tags: , , , , ,

8 responses to “Pengalaman Membeli Domain dan Hosting Murah di IDWebhost

  1. pakirul

    February 20, 2011 at 10:05 am

    Setuju…. Setuju…. Setujuuuuuuuuuuu

     
    • ulinnuha

      February 20, 2011 at 11:30 pm

      setuju apanya, Pak?😮

       
    • momed

      July 21, 2011 at 3:01 pm

      HOSTINGAN ENDONESA BUOOSOOKKKKKKKK
      DRPD PK HOST LOCAL MENDING PK HOST GRATISAN SEKALIAN

       
  2. junian

    February 28, 2011 at 1:29 am

    ulin, nama blogku ganti,,
    *maaf nyepam

     
    • ulinnuha

      February 28, 2011 at 4:02 pm

      oke, aku taruh blogroll ya?

       
  3. fahm

    March 19, 2011 at 4:48 am

    ulin listriknya udah stabil
    *nyepam

     
  4. Mona

    July 11, 2011 at 8:54 pm

    lemot servernya

     

Leave a Reply

 
