RSS

PIMITS 14: Dari Jerman Hingga Kanada

09 May

Pekan lalu, ITS sedang mengadakan hajatan besar bertajuk Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS (PIMITS) ke-14. Di acara yang diadakan pada 1-5 Mei 2011 ini, mahasiswa-mahasiswi ITS mempertunjukkan hasil karya yang mereka ikutkan pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Hari Rabu minggu lalu, saya menyempatkan diri untuk ke Graha ITS–tempat pelaksanaan PIMITS 14.

Selain mempertunjukkan hasil PKM para mahasiswa, di acara ini juga diadakan Robot in Action, Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa, IT Contest, English Debate, Film Dokumenter Ilmiah, Kompetisi Fotografi, dan beberapa acara lainnya.

Yang unik, tema PIMITS kali ini adalah negara-negara di dunia. Masing-masing stand dari 36 jurusan di ITS didesain dengan khas negara tertentu, termasuk kostum stand keeper-nya. Mulai dari Inggris, Kanada, Jerman, Jepang, Korea, Brazil, dan lain-lain. Saya sempat berkeliling dan memotret beberapa stand yang saya anggap bagus. Berikut beberapa fotonya…

Stand Teknik Kimia ITS dengan tema negara Jerman

Stand Teknik Informatika ITS dengan tema negara Inggris

Stand Matematika ITS dengan tema negara Korea Utara

Stand Teknik Mesin ITS dengan tema negara Amerika Serikat

Stand PPNS ITS

Stand Despro ITS

Stand Teknik Geomatika ITS dengan tema negara Kanada

Tak lupa, saya juga mampir ke stand jurusan saya. Stand Teknik Informatika sendiri mempertunjukkan beberapa game buatan mahasiswa yang bisa dicoba langsung oleh pengunjung. Selain itu, di stand Teknik Informatika juga dipamerkan beberapa PKM yang lolos, di antaranya adalah Smart Arzt (sebuah aplikasi cerdas untuk diagnosis penyakit berdasarkan gejala-gejala yang ada; hasil kolaborasi mahasiswa Teknik Informatika ITS dan Elektronika PENS ITS) dan Fotomorfosa (sebuah layanan pembuatan kreasi foto; termasuk pembuatan avatar twitter dengan gambar berbasis vektor).

Smart Arzt

Di acara PIMITS 14 ini, Mahasiswa Teknik Informatika ITS juga mengadakan launching lima game edukasi baru. Game-game tersebut adalah Perjalanan Kartini, Mbatik Yuk, Hacker .ID, IP Sims, dan 120 Seconds. Berita selengkapnya bisa disimak di koransuroboyo.com dan gamedukasi.com (link download-nya juga bisa diperoleh di website gameedukasi.com).

Launching Game Edukasi

Bagi yang kelaparan atau kehausan setelah berkeliling melihat stand-stand PIMITS (saya termasuk di antaranya :D), di luar Graha ITS disediakan beberapa stand makanan dan minuman. Beberapa stand makanan tersebut juga merupakan hasil PKM dari mahasiswa ITS. Dua di antaranya adalah Sego Njamoer (makanan berupa nasi dan jamur sebagai pengganti daging yang dikemas dalam kemasan praktis; hasil ide dari mahasiswa Fakultas Teknologi Industri ITS) dan Chocoronz (semacam minuman dari dark chocolate yang manis dan segar; hasil ide dari mahasiswa Teknik Informatika ITS).

Acara ditutup tanggal 5 Mei 2011 dengan pengumuman stand terbaik dan pengumuman pemenang lomba. Dari yang saya dengar (kebetulan saya tidak menyaksikan acara penutupan langsung), mahasiswa Teknik Informatika ITS menjuarai IT Contest Game Competition (Tim Gamelator menjadi juara 1 dan Tim El-Cepre menjadi juara 2) dan Application Contest (Ade Pramono menjadi juara 3). *tetep! promosi dan membanggakan jurusan sendiri :p*

 
6 Comments

Posted by on May 9, 2011 in Blog

 

6 responses to “PIMITS 14: Dari Jerman Hingga Kanada

  1. junian

    May 9, 2011 at 10:17 am

    wow, mantap. Btw, link-nya smart arzt jangan di blogku lin. ke blog resminya aja: smartarzt.wordpress.com. Suwun… wkwkwk,,

     
    • ulinnuha

      May 9, 2011 at 10:18 am

      sini bayar royalti iklan. wkwkwk

      eh, ada blog resminya ya? aku ganti deh habis ini😀

       
  2. junian

    May 9, 2011 at 10:39 am

    aplikasinya kan gratis lin, non-profit nih. wkwkwkwk. Domain resminya masih diurus jojo, sementara pake wordpress itu dulu, hehe.

     
    • ulinnuha

      May 10, 2011 at 6:44 am

      oke lah, semangat ya.. semoga menang di PIMNAS nanti😀

       
  3. Pams

    May 13, 2011 at 11:00 am

    kok iklan tok isine . .:P

     
    • ulinnuha

      May 13, 2011 at 1:34 pm

      emang sengaja post ini ditujukan untuk foto dan iklan. bantuin promosi sekali2.. kali aja pihak-pihak yg disebutkan mau ngasih royalti (halah!) :p

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: