RSS

[Review] Incarceron – Catherine Fisher

18 Nov

Judul: Incarceron
Seri: Incarceron #1
Penulis: Catherine Fisher
Penerjemah: Mery Riansyah dan Febry E. S.
Editor: Lulu Fitri Rahman
Proofreader: Nani
Penerbit: Penerbit Matahati
Terbit / Halaman: Cetakan I, Agustus 2011 / 492 Halaman
Genre: Dystopia, Science Fiction Fantasy

Di jaman ketika teknologi sudah semakin canggih, ada sebuah penjara futuristik bernama Incarceron. Penjara ini begitu luasnya hingga mencakup sel, hutan, permukiman, hingga kota. Incarceron adalah sebuah penjara yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan. Dan ia juga memiliki Mata yang mengawasi dan tidak segan untuk menyiksa tawanannya.

Incarceron dibuat oleh kaum cendekiawan Sapient atas perintah Raja Endor. Tujuan dari eksperimen ini adalah memperbaiki moral para kriminal dalam sebuah dunia yang sempurna. Pada masa lalu, para tawanan bersama 70 orang kaum Sapient masuk ke dalam Incarceron untuk menjalani eksperimen. Setelah itu Penjara dikunci sehingga tidak ada yang bisa masuk dan keluar. Selama ini, dipercayai bahwa hanya satu orang yang bisa Keluar dari Incarceron yaitu Sapphique.

Sementara itu, atas perintah Raja Endor, dunia di luar penjara “dibekukan” ke kehidupan abad 18. Perubahan dan kemajuan teknologi dilarang, dan manusia diharuskan mengikuti protokol yang mengikat. Teknologi canggih hanya dimiliki oleh kaum cendekiawan.

“Yang satu di dalam, yang lain di luar. Tapi keduanya sama-sama terpenjara.”

Finn adalah tawanan Incarceron yang hilang ingatan dan merasa dia berasal dari Luar. Di penjara, dia bersekutu dengan seorang saudara angkat bernama Keiro dan seorang kaum Sapient bernama Gildas yang memercayai bahwa legenda Sapphique benar adanya. Kelompok itu kemudian bertambah satu anggota, yaitu gadis budak bernama Attia.

Claudia adalah putri Sipir Incarceron yang hidup di luar. Meskipun hidup serba berkecukupan, ia merasa terpenjara oleh protokol dan peraturan yang dibuat oleh ayahnya. Oleh ayahnya, ia juga ditunangkan dengan pangeran kerajaan yang tidak ia sukai.

Melalui serangkaian kejadian, Finn dan Claudia masing-masing menemukan kunci kristal yang memiliki lambang elang. Melalui Kunci tersebut mereka bisa saling berkomunikasi. Finn dan kelompoknya berencana keluar dari Incarceron. Dan Claudia, dibantu oleh mentornya, Jared Sapiens, berencana menolong Finn dan kelompoknya keluar sekaligus menguak rahasia Incarceron yang hanya diketahui ayah Claudia. Namun Incarceron tidak akan mengijinkan seorang pun keluar-masuk Penjara.

Buku bergenre Fantasy-Science Fiction ini bisa dibilang cukup menarik. Penulisnya berhasil menceritakan tentang dua dunia yang bertolak belakang dan menyatukannya dalam satu jalinan cerita yang bagus. Deskripsi dunianya cukup lengkap. Akan tetapi, bagian awalnya cukup membingungkan karena banyaknya istilah dan konsep baru. Sampai saya selesai membaca buku ini, saya masih belum betul-betul paham dengan konsep Incarceron. (Mungkin penggambarannya dalam film nanti bisa membantu imajinasi saya yang cetek ini :D)

Saya mulai bisa menikmati cerita ketika Finn dan Claudia menemukan Kunci dan saling berkomunikasi. Pada titik ini, ceritanya semakin menarik dan satu per satu misteri mulai diungkap. Dan akhir dari cerita ini benar-benar tidak terduga.

Terlepas dari banyaknya istilah, terjemahannya cukup enak dan mudah dimengerti. Saya sempat mengintip beberapa halaman dari edisi aslinya dan tidak mengerti sama sekali ceritanya😀😀

Ada beberapa pertanyaan yang sebenarnya masih mengganjal, dan semoga pertanyaan itu terjawab di sekuelnya, Sapphique. Dan semoga Jared dan Keiro (dua tokoh favorit saya di buku ini) bisa tampil lagi di Sapphique😀

Empat bintang untuk Incarceron. Terima kasih untuk Penerbit Matahati yang sudah menghadiahkan buku ini🙂

 
4 Comments

Posted by on November 18, 2011 in Review

 

Tags: , , ,

4 responses to “[Review] Incarceron – Catherine Fisher

  1. ramadhantriyanto

    August 24, 2012 at 6:53 am

    buku keduanya belum terbit ya?

     
    • ulinnuha

      August 31, 2012 at 6:28 am

      belum. nggak tahu ini terbit apa nggak. Penerbit Matahati dari bulan Januari 2012 belum mengeluarkan buku baru sama sekali. kangen juga sama buku2 terbitannya Matahati😦

       
      • ramadhantriyanto

        September 27, 2012 at 12:05 pm

        yang penting The Enchantress terbit sih gapapa😀

         
        • ulinnuha

          September 30, 2012 at 8:26 pm

          kabar2 dari anak Goodreads yang main ke kantornya Matahati, katanya Enchantress bakalan terbit sih😀

          Itu katanya Matahati belum keluarin buku baru gara2 ganti manajemen (semoga bisa cepet nerbitin buku2 baru lagi)

           

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: