RSS

Groovia TV, Pelopor IPTV di Indonesia

20 Nov

.

Melanjutkan posting tentang IPTV yang ini, saya akan sedikit menjelaskan tentang Groovia TV.

Groovia TV adalah layanan IPTV pertama di Indonesia, dan merupakan produk dari Telkom Indonesia. IPTV atau Internet Protocol Television adalah layanan multimedia berupa siaran TV, video, audio, teks, gambar, data yang didistribusikan melalui jaringan berbasis internet protocol. Menurut website-nya, Groovia TV bukan sekadar siaran televisi yang didistribusikan via internet, melainkan juga merupakan sebuah bentuk sinergi antara kekuatan internet & web interaction dengan kekuatan media televisi. Jadi, selain bisa menyaksikan televisi, penonton dapat melakukan interaksi dua arah terhadap tayangan televisi.

Groovia TV sebagai layanan IPTV menawarkan tiga fitur utama IPTV yang meliputi Live Television, Time-Shifted Television, dan Video-on-Demand. Secara terperinci, fitur-fitur yang ditawarkan oleh Groovia TV adalah:

  • Live Television: fitur utama, berupa penayangan siaran TV yang sedang ditayangkan oleh stasiun televisi tertentu, baik TV lokal maupun TV Berbayar.
  • Network Personal Video Recorder (NPVR): fitur yang menyediakan aplikasi penyimpanan untuk merekam program/acara pilihan konsumen. Konsumen bisa merekam video/TV Program yang sedang atau akan segera on-air. Jadi, misalnya ada acara favorit yang akan tayang, tapi tidak sempat atau tidak bisa menontonnya, konsumen bisa merekam acara tersebut.
  • Time-shift Television: memungkinkan untuk melakukan trick play (rewind, pause, play) terhadap acara yang sedang ditayangkan. Jadi, misalnya konsumen sedang menonton suatu film, dan tiba-tiba ingin ke kamar kecil, konsumen dapat mem-pause atau rewind film tersebut. Konsumen tak perlu takut terlewat adegan penting dari film atau acara yang disaksikan.
  • Parental Control: kontrol terhadap acara yang bisa disaksikan melalui Groovia TV berdasarkan klasifikasi rating acara tersebut (misalnya Semua Umur, Bimbingan Orang Tua, Dewasa).
  • Radio: siaran radio nasional dan radiotape dari motivator bisnis.
  • Video-on-Demand: fasilitas untuk memilih video, film, musik, pertandingan olahraga dari katalog yang ada untuk bisa ditonton oleh konsumen. Selama video dimainkan, konsumen bisa melakukan trick play (rewind, pause, play, fast-forward, jump) ke bagian tertentu.
  • HBO-on-Demand: memungkinkan konsumen memilih film atau serial TV dari channel HBO untuk ditonton oleh konsumen tersebut.
  • Karaoke-on-Demand: menjadikan perangkat televisi sebagai media entertainment untuk karaoke. Jadi konsumen bisa punya perangkat karaoke pribadi dan bisa memilih sendiri lagu/playlist yang diputar.
  • TV-on-Demand: fasilitas perekaman acara/tayangan televisi otomatis untuk kemudian disimpan di server Groovia TV. Jadi, tanpa perlu merekam, konsumen bisa menonton acara TV yang disiarkan sampai 7 hari yang lalu (2 hari untuk trial version). Menu trick play (fast-forward, pause, rewind) juga bisa digunakan di fasilitas ini.
  • Games-on-Demand: memungkinkan konsumen untuk bisa bermain game yang disediakan oleh Groovia TV.

Interaktif bukan? Selain fasilitas di atas, Groovia TV juga menawarkan beberapa macam paket, mulai dari yang murah sampai yang komplit, termasuk paket dengan akses internet Speedy berkecepatan tinggi. Informasi lebih lanjut mengenai Groovia TV, jenis-jenis paket yang bisa dipilih, serta daerah yang sudah bisa menikmati layanan IPTV ini, bisa dilihat di website http://groovia.tv🙂

Sumber artikel dan gambar: Groovia TV

 
4 Comments

Posted by on November 20, 2011 in Blog

 

Tags: , , ,

4 responses to “Groovia TV, Pelopor IPTV di Indonesia

  1. Arief

    November 21, 2011 at 3:26 pm

    keunggulannya dibanding TV langganan biasa apa ya?

     
    • ulinnuha

      November 21, 2011 at 4:33 pm

      dari yang saya baca sih, Groovia TV (yang merupakan layanan IPTV) sifatnya lebih interaktif karena aksesnya melalui internet. Jadi selain bisa nonton acara TV lokal dan premium, konsumen juga bisa merekam, dan melakukan pause, rewind, play ketika menonton acara tersebut. Penjelasan fitur-fitur lengkapnya ada di atas🙂

      Kalau mau lihat bagaimana fitur TV on Demand, Pause dan Rewind yang dimiliki Groovia TV ini, bisa lihat di channel Youtube Telkom Indonesia:
      Groovia, Groove up Your Live
      TV on Demand
      Pause TV
      Rewind TV

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: