RSS

Laporan dari Indonesian Readers Festival 2012

12 Dec

Akhir tahun ini, tepatnya 9 Desember 2012, aku berkesempatan bertemu dengan anak-anak Goodreads yang sebelumnya cuma kenal lewat Goodreads (dan media sosial). Tahun ini, Goodreads Indonesia kembali mengadakan Indonesian Readers Festival atau Festival Pembaca Indonesia, atau disingkat IRF. Dan kebetulan pas pelaksanaan IRF 2012 ini, aku pas lagi ada urusan di Jakarta, jadi mampirlah daku ke sana. Tujuan utamanya sih karena katanya bakal ada kuis berhadiah buku bertanda tangan Rick Riordan dan lelang buku bertanda tangan J. K. Rowling.

Dari daerah Kemtang yang transportasinya susah, aku berangkat sekitar jam 8.00. Karena nggak ngerti jenis-jenis dan jalur transportasi umum (cuma ngerti jalur Transjakarta), aku pilih jalan memutar: dari Kemang naik Kopaja ke Blok M, kemudian lanjut naik Transjakarta dari Blok M ke Pasar Festival GOR Sumantri, Kuningan. Ada jalur yang lebih simpel dan dekat sih, tapi karena track record-ku yang sering nyasar, ya sudahlah, cari aman saja. Sampai di TKP masih sekitar jam 09.00 dan sudah lumayan rame.

Pas nyampe, stand Blogger Buku Indonesia langsung tampak dari depan. Sepertinya yang menjaga stand wajahnya nggak asing. Aku ke sana, dan berkenalan (resmi) dengan Mas Dion, Mas Tezar, dan Mbak Truly. Dan walaupun aku bukan member, aku pede aja nongkrong di sana, naruh-naruh tas dan barang-barang lain.

Beberapa waktu kemudian, stand BBI mulai rame. Aku sempat kenalan (resmi) dengan Mery, Mbak Esti, Mbak Uci, dan Mbak Lulu di sana juga. Ada banyak lagi sih member Goodreads yang nongkrong di sana, tapi aku nggak sempat kenalan, maklum daku kan pemalu *plaaak*. Stand BBI cukup rame pengunjung karena mereka menyediakan jasa sampul buku gratis.

Di sebelah stand BBI ada stand Kelontong Sihir, Kastil Fantasi, dan ASOIAF Indonesia. Di stand Kelontong Sihir ada berbagai pernak-pernih seputar Harry Potter yang dijual. Aku bolak-balik ke sana cuma buat lihat-lihat barang dagangannya (lihat doang, enggak beli :p). Di stand Kastil Fantasi, ada unjuk karya dan pengumpulan sumbangan untuk PMI melalui pembelian buku-buku fantasi yang dijual di sana. Di stand ini aku kenalan resmi dengan Fred dan Mas Bonmedo. Pengennya sih ketemu Kapten Kucing yang biasanya jaga Kastil, tapi entah si Kapten ke mana (atau yang mana; banyak banget yang jaga stand-nya).

Di sebelahnya lagi ada stand A Song of Ice and Fire (ASOIAF) Indonesia. Walaupun penjaganya cuma 1-2 orang, tapi stand ini lumayan mencuri perhatian. Ada poster gede berisi silsilah karakter di serial Game of Thrones dan peta Westeros dan lokasi-lokasi penting di seri tersebut. Ada game-nya juga, jadi peserta diperlihatkan nama House, gambar logo, nama markas, dan semboyan (apalah itu terjemahan istilahnya) dari enam House di Game of Thrones. Misalnya, House of Stark bermarkas di Winterfell, logonya serigala, semboyannya “Winter is coming”. Tugasnya adalah menghafal enam House tersebut selama dua menit kemudian menuliskannya di kertas yang cuma ada gambar logo House-nya, kemudian menunjuk lokasi House tersebut di peta gede yang dipajang di dinding. Hadiahnya, stiker sablon logo House dan pembatas buku.

Next, di bagian belakang, ada stand Penerbit Nourabooks. Stand ini cukup rame karena di sana ada kuis. Kuisnya sih simpel: menjawab pertanyaan pilihan ganda yang berhubungan dengan buku-buku terbitannya. Satu sampai sembilan jawaban benar dapat pin atau mug. Sepuluh jawaban benar dapat satu buku. Dan dua puluh jawaban benar dapat paket yang terdiri dari tiga buku. Aku sudah mengincar paket buku berisi Sungkyunkwan Scandal, tapi tragisnya aku cuma berhasil menjawab satu pertanyaan dengan benar😀😀😀

Di stand Nourabooks inilah yang katanya bakal ada kuis berhadiah buku bertanda tangan Rick Riordan. Tapi katanya sih kuisnya baru jam 12 siang, jadinya aku pergi-pergi ke stand lain dulu~

Di IRF, ada dua acara khusus yang ada setiap tahun: bookswap dan bookwar. Dua-duanya sih intinya tukar buku. Bedanya:

  • Bookswap waktunya lama, dari pagi sampe sore. Bookwar cuma beberapa menit, pada jam tertentu, diadakan di tempat yang sama dengan bookswap.
  • Masing-masing peserta harus punya “buku modal”. Buku modal (yang harus memenuhi syarat tertentu), nantinya ditukarkan dengan buku yang ada di meja bookswap-bookwar.
  • Khusus bookwar, panitia bakal menambah buku-buku baru. Di IRF kemarin saya sempat menemui Partikel-nya Dee, Fablehaven-nya Brandon Mull, The Forest of Hands and Teeth-nya Carrie Ryan dan sebagainya. Tapi, peserta harus berebut dengan peserta lain (yang ganas-ganas) untuk mendapatkan buku-buku ini, setelah diberikan aba-aba untuk melempar “buku modal” dan mengambil buku yang diinginkan.

 

*bersambung*

*Foto-foto menyusul… rada ribet upload-upload pake speed EDGE*

 
Leave a comment

Posted by on December 12, 2012 in Blog

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: